Widget HTML Atas

Apa itu Search Engine Marketing dan mengapa Anda harus menggunakannya?


Selain SEO, ada metode lain yang dapat Anda gunakan untuk muncul di hasil pencarian. Metode ini adalah Search Engine Marketing (SEM). Apa itu Search Engine Marketing dan mengapa Anda harus menggunakannya?

Anda akan menemukan jawaban lengkapnya di artikel ini. Baca sampai akhir, oke!

Apa itu Search Engine Marketing (SEM)?

Search Engine Marketing adalah praktik mengiklankan situs web Anda dalam hasil pencarian. Hasil pencarian memiliki dua bagian, organik dan iklan. Iklan yang muncul di hasil pencarian dikenal sebagai Search Engine Marketing (SEM).

Hampir semua mesin pencari memiliki fitur SEM, dari Google hingga Bing. Namun yang paling banyak digunakan adalah Google. Pasalnya Google menguasai pangsa pasar mesin pencari di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Seperti disebutkan sebelumnya, SEM adalah praktik periklanan situs web. Untuk menggunakannya, Anda perlu mengeluarkan uang. Kebanyakan mesin pencari menggunakan Pay-Per-Click (PPC). Artinya, Anda hanya membayar jika ada yang meng-klik iklan Anda.

Perbedaan antara Search Engine Marketing dan SEO

Mereka terlihat sama, tetapi pemasaran mesin pencari dan SEO adalah dua hal yang berbeda. Meskipun keduanya muncul di hasil penelusuran, cara kerjanya berbeda. Di bawah ini kami akan menjelaskan tiga perbedaan utama antara SEO dan Pemasaran Mesin Telusur:

Tampil di hasil pencarian

Perbedaan pertama adalah penampilannya. SEM menunjukkan selalu muncul dengan tag iklan. Tag ini untuk membedakannya dari hasil pencarian organik. Anda mungkin pernah melihat bentuk iklan Search Engine Marketing (SEM) seperti ini:


Di sisi lain, hasil pencarian SEO tidak muncul dengan tag apa pun. Hasil pencarian organik ini sepenuhnya diurutkan oleh Google berdasarkan relevansi maksud pencarian, kelengkapan konten, backlink, dan faktor lainnya.

Biaya yang dikeluarkan

Untuk menggunakan SEO, Anda tidak perlu membayar ke mesin pencari. Mesin pencari akan mengevaluasi berbagai faktor di situs Anda untuk menentukan peringkatnya untuk kata kunci tertentu. Jika Anda memenuhi faktor yang ditetapkan oleh Google, konten Anda kemungkinan besar akan muncul di halaman pertama hasil pencarian.

Tidak seperti SEO yang dapat dilakukan secara gratis, Anda perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk menggunakan SEM. Anda dapat mengatur berapa anggaran yang akan dikeluarkan untuk iklan, bisa ratusan ribu rupee hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Itu tergantung pada kebutuhan Anda.

Alat yang digunakan

Search Engine Marketing (SEM) biasanya membutuhkan alat khusus. Misalnya, untuk mengiklankan situs Anda di hasil penelusuran Google, Anda harus menggunakan Google Ads dan Google Keyword Planner.

Di sisi lain, tidak ada alat khusus seperti Google Ads untuk SEO. Namun, untuk memenangkan persaingan SEO, Anda membutuhkan berbagai alat. Alat untuk penelitian kata kunci, analisis backlink, dan sejenisnya.

Mengapa Anda harus menggunakan pemasaran mesin pencari?

Dari penjelasan di atas mungkin Anda berpikir, "Dengan SEM Anda harus membayar, yang terbaik adalah fokus pada SEO saja". Eits, tunggu sebentar. Faktanya, jika Anda ingin fokus menggunakan SEO saja, itu bagus.

Namun, SEM juga layak dipertimbangkan untuk digunakan. Berikut alasan mengapa SEM perlu digunakan:

Tidak banyak biaya untuk memulai

SEM tidak memerlukan biaya, tetapi Anda tidak harus memiliki anggaran yang besar untuk memulai. Anda dapat memutuskan sendiri berapa banyak anggaran yang akan Anda keluarkan untuk pemasaran mesin pencari. Anda bisa mulai dari ratusan ribu hingga jutaan atau bahkan puluhan juta rupee.

Target audiens bisa ditentukan

Tidak seperti SEO, Anda dapat menetapkan tujuan tertentu dengan pemasaran mesin pencari. Anda dapat menentukan properti apa yang dapat dilihat iklan Anda. Dari usia, jenis kelamin, dan minat hingga karakteristik lokasi, Anda dapat menentukannya dengan SEM.

Kemungkinan meningkatkan tingkat konversi

Pemasaran Mesin Telusur biasanya digunakan untuk meningkatkan rasio konversi di situs web. Anda dapat menggunakan metode ini untuk kata kunci dengan maksud mencari pembelian.

Hasilnya relatif lebih cepat dari SEO

Jika Anda baru memulai situs web atau blog, SEM sangat disarankan. Karena hasil pemasaran mesin pencari cenderung terasa lebih cepat daripada SEO. Ini dapat membantu situs web Anda muncul di hasil penelusuran lebih cepat.

Haruskah Anda menggunakan SEM?

Harus atau tidak menggunakan SEM, tentu Anda bisa menjawabnya sendiri. Karena Anda sendiri memahami apa yang dibutuhkan situs web Anda. Kami berharap penjelasan dalam artikel ini membantu Anda mengambil keputusan.

Jika Anda ingin menggunakan SEM, Anda dapat memanfaatkan Google Ads dan Google Keyword Planner. Kabar baiknya adalah kami telah membuat panduan lengkap untuk Anda.

1 komentar untuk "Apa itu Search Engine Marketing dan mengapa Anda harus menggunakannya?"

Posting Komentar