Widget HTML Atas

Cara Daftar dan Verifikasi Google Bisnisku

Apa yang muncul di hasil penelusuran Google saat orang mengetik nama bisnis atau produk Anda? Apakah informasi seperti gambar di bawah ini muncul?


Informasi bisnis yang muncul di sebelah kanan hasil penelusuran Google adalah fitur Google My Business atau Google Bisnisku untuk pemilik bisnis.

Apa itu Google Bisnisku?

Google Bisnisku adalah fitur untuk pemilik bisnis yang memudahkan calon pelanggan mengetahui informasi lengkap tentang bisnis mereka. Dari nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, alamat email perusahaan, jam kerja, website perusahaan, foto kantor, bahkan review pelanggan.

Manfaat Google Bisnisku

Jika tidak ada informasi komersial seperti gambar di atas, Anda harus segera memiliki informasi bisnis seperti gambar diatas. Karena Google Bisnisku memiliki sejumlah manfaat yang dapat menunjang kesuksesan bisnis Anda. Berikut kelebihan dan fungsi Google Bisnisku:

1. Berikan informasi yang benar

Di era digital, orang sudah terbiasa melakukan pencarian di internet terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Di Indonesia, 95% konsumen melakukan pencarian online melalui smartphone sebelum membeli.

Jadi, saat konsumen membeli produk, menggunakan layanan, atau mengunjungi toko atau restoran Anda, mereka hampir yakin telah menelusurinya di Google. Pastinya, jumlah orang yang melakukan riset online sebelum membeli mengharuskan Anda sebagai pemilik bisnis untuk memberikan kehadiran online terbaik.

Salah satu caranya adalah dengan memberikan informasi bisnis yang benar dan dapat diandalkan. Program Google Bisnisku memungkinkan Anda memberikan informasi bisnis yang valid dan andal. Karena, hanya pemilik bisnis yang disetujui yang dapat membuat Google Bisnisku.

2. Memberikan sebuah informasi yang lengkap dan kongkret

Selain informasi yang benar dan terpercaya, Anda juga harus memberikan informasi yang lengkap dan up-to-date. Di Google Bisnisku, Anda dapat melihat informasi dari nama, deskripsi, dan jam kerja hingga ulasan pelanggan.

3. Bisnis milik Anda hadir di Google Maps

Dengan mendaftarkan bisnis Anda di Google Bisnisku, kantor atau perusahaan Anda, restoran secara otomatis akan muncul di Google Maps. Pelanggan yang ingin datang ke tempat bisnis Anda akan dengan mudah menjangkau lokasi tersebut dengan bantuan Google Maps.

4. Memudahkan klien menemukan informasi bisnis Anda

Selain muncul di Google Maps, bisnis Anda akan lebih mudah ditemukan di hasil pencarian Google. Saat orang mencari nama bisnis Anda di mesin pencari Google, maka Google akan menampilkan informasi mengenai informasi bisnis Anda di sebelah kanan hasil pencarian.

Saat orang mencari kata kunci produk yang terkait dengan produk Anda, bisnis Anda juga dapat muncul di hasil pencarian.

5. Dapatkan review dari klien

Fitur ini juga penting untuk bisnis Anda, dan ini adalah ulasan pelanggan. Berdasarkan riset Trustklik, 70 persen konsumen Indonesia mempercayai review pelanggan lain secara online. Faktanya, mereka 12 kali lebih mungkin untuk mempercayai ulasan pelanggan lain secara online daripada yang mereka lakukan dalam deskripsi produk itu sendiri.

Jika Anda berhasil memberikan produk dan layanan yang memuaskan, ulasan pelanggan di Google Bisnisku dapat menjadi alat promosi untuk bisnis Anda.

6. Menjadi salah satu sarana komunikasi dengan klien

Google Bisnisku tidak hanya memberikan ulasan pelanggan tetapi juga fitur pertanyaan dan jawaban pelanggan. Pelanggan dapat mengajukan pertanyaan tentang bisnis Anda di Google Bisnisku. Pertanyaan ini dapat dijawab oleh klien lain atau pemilik bisnis.

7. Menjadi alat analisis pelanggan

Di Google Bisnisku, Anda juga dapat melakukan analisis pelanggan menggunakan fitur Analytics. Dengan analisis sederhana dari Google Bisnisku, Anda dapat melihat bagaimana kinerja bisnis yang Anda kelola dibandingkan dengan bisnis lainnya, interaksi pelanggan dengan bisnis Anda, berapa banyak pelanggan yang menemukan bisnis Anda di Google.

Berikut adalah cara daftar Google Bisnisku:

Langkah 1. Buka Google Bisnisku, lalu klik Kelola Sekarang

Langkah 2. Tulis nama bisnis Anda

Langkah 3. Isi lengkap alamat kantor, toko, atau restoran Anda.

Langkah 4. Sesuaikan alamat kantor Anda di Google Maps untuk memudahkan konsumen mengunjungi alamat yang sudah Anda tulis.

Langkah 5. Tuliskan kategori bisnis yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Misalnya, jika Anda menjalankan restoran makanan Padang di Cilacap, maka pilih kategori "Restoran". Kategori bisnis ini akan memudahkan Google memberi peringkat bisnis Anda di hasil pencarian. Saat orang mencari "restoran di Cilacap", informasi bisnis Anda bisa muncul di hasil pencarian tersebut.

Langkah 6. Setelah itu isikan nomor telepon atau HP khusus untuk menerima panggilan dari pelanggan. Jika Anda sudah memiliki website, Anda bisa memasukkan alamat website Anda di bagian ini.

Jika Anda tidak memiliki situs web, Anda dapat membuatnya dengan mudah menggunakan WordPress ataupun Blogspot. Sebuah situs web penting untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan Anda.
Langkah 7. Anda bisa memilih untuk menerima newsletter dari Google atau tidak.

Langkah 8. Langkah terakhir ini adalah cara memeriksa 'Google Bisnisku'. Verifikasi Google Bisnisku sangat penting untuk dilakuakan dalam upaya melindungi bisnis Anda dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan informasi bisnis Anda. Selain itu, perusahaan terverifikasi adalah perusahaan yang memiliki reputasi lebih baik dengan pelanggan daripada perusahaan yang tidak diverifikasi.

Jika Anda memasukkan informasi yang lengkap dan benar, pilih Verifikasi segera dengan mengisi nama penerima. Kemudian klik Kirim Kartu Pos. Selanjutnya, tunggu pesan dari Google sampai ke alamat Anda. Selama proses verifikasi, Anda tidak dapat mengubah informasi yang Anda tulis sebelumnya.

Langkah 9. Proses pengiriman surat Google berbeda-beda menurut lokasi. Setelah menerima surat tersebut, Anda dapat melanjutkan proses verifikasi menggunakan kode verifikasi yang disediakan dalam surat tersebut.

Langkah 10. Buka Google Bisnisku dan pilih menu verifikasi lokasi. Kemudian masukkan kode verifikasi dari surat Google. Verifikasi Google Bisnisku selesai.

Lengkapi profil bisnis Anda di Google Bisnisku

Setelah menyelesaikan verifikasi, Anda dapat melengkapi informasi bisnis Anda. Saat mendaftar, Anda cukup mengisi alamat lokasi bisnis, informasi kontak, kategori bisnis dan situs web Anda. Setelah Anda melakukan verifikasi, Anda dapat menambahkan berbagai informasi pendukung. Berikut informasi yang perlu Anda tambahkan:

1. Deskripsi Bisnis

Tuliskan deskripsi bisnis Anda dalam 750 karakter. Manfaatkan fitur ini untuk menjelaskan bisnis Anda kepada calon klien. Berikan deskripsi singkat dan jelas. Apa industri Anda, produk yang menjadi unggulan bisnis Anda dan berbagai informasi penting lainnya yang terdapat dalam bisnis Anda. Anda juga dapat mengedit deskripsi Google Bisnis Anda jika ada perubahan lain kali.

2. Gambar

Meskipun gambar bersifat opsional, gambar merupakan komponen penting dari Google Bisnisku. Tambahkan gambar untuk kantor, perusahaan, pabrik, atau restoran Anda. Gambar yang Anda unggah dapat membujuk pelanggan untuk membeli produk Anda atau menggunakan layanan Anda.

3. Jam kerja

Selain itu, tambahkan jam kerja Anda untuk memudahkan klien menentukan kapan mereka dapat datang ke tempat kerja Anda. Apalagi untuk perusahaan seperti resto atau restoran.

4. Fasilitas

Agar pelanggan bisa mengetahui fasilitas di bisnis Anda, juga menambah informasi tentang fasilitas yang Anda tawarkan. Misalnya fasilitas seperti private lounges, babysitting, outdoor dining, apakah bisnis Anda bersahabat dengan penyandang disabilitas, dll.

5. Daftar

Anda juga dapat melihat listingan di Google Bisnisku. Pamerkan listingan rumah atau produk Anda di Google Bisnisku sehingga pelanggan tahu apa yang Anda tawarkan.

Kesimpulan

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus selalu waspada terhadap perkembangan perilaku konsumen. Salah satunya biasanya pelanggan yang selalu melakukan riset online sebelum membeli.

Dengan kebiasaan baru ini, Anda harus bisa mempromosikan bisnis Anda ke tempat-tempat yang sering dikunjungi pelanggan untuk melakukan pencarian di internet sebelum membeli, yaitu Google.

Bahkan Google memberikan fitur khusus bagi para pemilik bisnis agar dapat dengan mudah dalam mempromosikan bisnis mereka, yaitu Google Bisnisku. Maksimalkan potensi Google Bisnisku untuk menjangkau lebih banyak pelanggan di era digital.

Tidak ada komentar untuk "Cara Daftar dan Verifikasi Google Bisnisku"